5 Negara ‘Mahal’ dan 5 Negara ‘Murah’ yang Layak Dijadikan Destinasi Wisata di Dunia

 

Mungkin beberapa tahun lalu, travelling adalah sebuah aktivitas atau kegiatan yang hanya didominasi oleh beberapa orang saja, namun sekarang ini justru seperti menjadi sebuah gaya hidup kekinian dan banyak yang ingin menghabiskan masa hidupnya dengan mengunjungi setiap pelosok di negaranya sendiri atau negara lain.

Hanya saja, bagi orang-orang yang sudah memiliki ‘jam terbang’ tinggi dan sudah menjelajah banyak tempat di bumi ini, mungkin sudah mengetahui negara-negara mana saja yang layak didatangi dan yang tidak atau juga negara-negara mana saja yang ‘mahal’ dan ‘murah.’

Nah, berikut ini adalah masing-masing 5 negara yang termasuk dalam kategori mahal dan murah untuk dijadikan tempat tujuan wisata.

Baca juga: Indahnya 6 Destinasi Wisata Tersembunyi Papua Barat

Negara mahal untuk dikunjungi

Swiss

Image result for swiss beautiful

Memang Swiss adalah salah satu negara di Eropa yang menawarkan keindahan alam, makanan enak dan juga suasana nyaman. Hanya saja, selain membutuhkan biaya besar untuk dapat terbang dan menuju negara tersebut, berbagai barang dan layanan yang tersedia di Swiss juga cukup mahal bagi kalangan turis, terutama untuk para traveller dan backpacker.

Contohnya saja, untuk dapat memesan secangkir kopi saja, Anda harus mengeluarkan uang sebesar kurang lebih USD 8 atau sekitar Rp 116 ribuan, bahkan untuk ukuran sebuah hostel saja, permalamnya Anda harus membayar antara US 35 sampai 40 atau sekitar Rp 520 sampai Rp 600 ribuan. Mahal, bukan?

Norwegia

Image result for norway beautiful

Norwegia adalah negara kedua yang masuk dalam kategori negara mahal di Eropa. Untuk sekadar parkir kendaraan saja, Anda harus mengeluarkan uang sebesar EURO 15 sampai 25 atau sekitar Rp 250 sampai 420 ribuan per harinya. Dengan biaya parkir yang mahal tersebut, tentunya secara logis harga persewaan kendaraan juga sangat tinggi.

Oleh karenanya, banyak turis atau bahkan penduduk asli Norwegia yang lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan sendiri. Hanya saja, bagi para traveller, backpacker atau bahkan turis dengan budget cekak, ongkos transportasi umum itu akan sedikit mencekik leher.

Islandia

Image result for Islandia

Seperti halnya di Swiss, Islandia adalah negara yang memiliki keindahan alam mempesona. Banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi di Islandia. Ditambah lagi, di negara ini tidak seperti kebanyakan negara-negara Eropa lainnya, Islandia cukup tenang dan nyaman. Hanya saja, diperlukan dana yang cukup besar jika ingin berkunjung ke negara ini.

Contoh paling sederhana adalah ketika Anda berkunjung ke negara ini, harga sebuah botol minuman mineral adalah USD 2.50 atau sekitar Rp 36 ribuan. Harga sewa sebuah hostel yang sangat sederhana atau lebih bagus dari hotel kelas Melati di Indonesia adalah sekitar USD 14 per malamnya atau sekitar Rp 200 ribuan.

Inggris

Image result for beautiful england

Memiliki mata uang dengan kurs yang besar dan bersang dengan EURO serta USD Amerika, Inggris juga termasuk destinasi wisata populer yang sangat menguras dompet. Pasalnya semua hal, mulai dari makanan-minuman, barang-barang sampai dengan jasa memiliki harga sendiri-sendiri yang tidak murah.

Contohnya saja, untuk harga makanan rata-rata adalah sekitar GBP 28 atau sekitar Rp 520 ribuan dan untuk hotel berkelas menengah yang dapat diisi 2 orang dihargai sebesar GBP 115 per malamnya atau sekitar Rp 2,13 jutaan.

Baca juga:  8 Ternate Wisata Keindahan Daerah Utara Maluku

Australia

Image result for beautiful australia

Mungkin untuk wilayah Asia dan sekitarnya, Australia adalah destinasi wisata termahal. Oleh karenanya, tidak heran kenapa saat liburan tiba, banyak orang Australia yang memilih berlibur ke luar negeri, seperti ke Fiji, Thailand atau bahkan Bali. Hal itu disebabkan mahalnya semua biaya dan harga di negaranya sendiri.

Dapat diambil contoh kecil saja, untuk ongkos pijat di Australia, Anda harus membayar USD 8 atau sekitar Rp 120 ribuan. Salah satu contoh harga tergila adalah untuk menyewa sebuah villa sederhana, Anda harus membayar sekitar USD 600 atau sekitar Rp 8,7 jutaan.

Seperti yang dijelaskan di atas, jika ada negara-negara yang masuk ketegori mahal sebagai tujuan wisata, ada pula negara-negara yang cukup murah untuk didatangi, bahkan oleh seorang backpacker yang berdana cekak sekalipun. Berikut daftarnya.

Indonesia

Image result for beautiful bali

Ternyata negara termurah yang direkomendasikan sebagai tujuan wisata dan menduduki peringkat puncak adalah Indonesia. Menurut banyak traveller sampai dengan backpacker, Indonesia adalah negara yang nyaman dengan keindahan alam berlimpah dan juga sangat murah untuk segala hal yang ditawarkan.

Memang cukup masuk akal kenapa disebut murah karena kurs mata uang Indonesia, yaitu Rupiah cukup rendah jika harus dibandingkan dengan mata uang yang banyak digunakan di Eropa atau juga dengan Dollar Amerika. Per tanggal 19 Agustus 2018 ini saja, Rupiah berada di kisaran Rp 14,578 untuk USD 1 nya.

Meksiko

Image result for beautiful mexico

Meksiko adalah negara termurah kedua setelah Indonesia. Hanya saja, penempatan Meksiko sebagai negara termurah kedua dunia harus mengesampingkan masalah kesehatannya dan keamanannya. Ada banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, pantai-pantai indah dan juga makanan yang enak dapat ditemui di Meksiko. Untuk USD 1 nya, Anda akan mendapatkan MXN 18,89 atau MXN 1 setara dengan Rp 771,62.

India

Image result for beautiful india

Secara perlahan, dalam beberapa tahun belakangan ini, India secara terus menerus berusaha menunjukkan diri sebagai negara yang patut diperhitungkan di dunia. Khususnya untuk pariwisatanya, ada banyak tempat menarik tersedia di India. Sayangnya, bagi yang menyukai kebersihan dan keteraturan, maka India bukan tempat yang tepat untuk dituju. Hanya saja, India menduduki peringkat ke-3 sebagai negara murah di dunia. Untuk USD 1 nya adalah setara dengan INR 69,80 atau INR 1 adalah Rp 208,88.

Bulgaria

Bulgaria adalah salah satu negara di kawasan Eropa Timur yang juga cukup tepat untuk dijadikan jujugan wisata. Dengan area perkotaan, bangunan dan arsitekture khas Eropa Timur serta banyak peninggalan bersejarah lain yang tersebar di setiap penjuru, membuat negara ini sejak bertahun-tahun lalu menjadi negara yang kerap dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu saja, hampir semua jasa, harga makanan, minuman atau barang-barang lainnya ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Bahkan untuk per USD 1 nya sama dengan BGN 1,71 atau setara dengan BGN 1 adalah Rp 8,528.

Grenada

Image result for beautiful grenada

Grenada adalah negara cantik yang sangat cocok untuk dikunjungi atau didatangi. Selain karena memang alam pantainya yang sangat indah, hampir semua hal di Grenada sangat murah. Tidak hanya destinasi wisata pantainya saja, Grenada juga menyediakan tempat-tempat tinggi yang dapat didaki bagi para pecinta alam. Masuk sebagai salah satu negara murah karena memang USD 1 nya adalah ECB 2,70 (East Caribbean Dollar) atau setara dengan ECB 1 adalah Rp 5,394.

Selain ke-5 negara murah di atas, masih ada banyak negara-negara lain yang juga layak dimasukkan dalam kategori tersebut, seperti Kolombia, Turki, Thailand, Yunani, Sri Lanka, Nepal dan beberapa lagi yang tersebar di kawasan Asia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *