5 Tempat Wisata Di Banjarmasin Kalimantan Selatan

                               

 

Salah satu kota terbesar di pulau borneo adalah Banjarmasin, kota ini adalah ibu kota Kalimantan Selatan. Seribu sungai adalah julukan bagi kota ini mata dunia yang dibelah oleh banyak sekali sungai, seperti contohnya sungai Martapura, Barito, sungai Sipandai, sungai Keramat, sungai Sigaling, sungai Pangeran, sungai Jagabaya, dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Karena padatnya penduduk dan dengan luas nya wilayah perkotaaan yang mulai metropolitan ini, kota Banjarmasin mulai dikenal masyarakat luas. Pasar apung adalah ciri dari kota ini, dimana pasar terapung ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih tetap dipertahankan sampai saat sekarang ini.

Tetapi, apakah Banjarmasin hanya memiliki pasar terapung? Tentu saja tidak, karena Banjarmasin masih memiliki obyek wisata yang memuka. Berikut daftarnya.

 

  1. Pulau Birah-Birahan

Pulau Birah-Birahan merupakan wisata alam di kota Banjarmasin terkenal dengan keindahan panorama pantai. Di pantai ini anda akan disajikan tiga keindahan sekaligus. Apa sajakah itu?, tiga zona tersebut adalah zona pantai tebing batu, zona pantai ganggang, dan zona terumbu karang. Zona pantai ganggang tidaklah cocok bagi anda untuk berenang karena di pantai ini terdapat banyak tanaman air serta ikan kecil, ikan pari, bulu babi, serta anak hiu, zona ini hanya cocok untuk anda yang hobi memancing dan fotografi. Pada zona terumbu karang, anda dapat melakukan kegiatan snorkeling. Anda haru membawa peralatan snorkeling di zona ini sebab di sini belum tempat penyediaan atau jasa sewa peralatan snorkeling.

Agar dapat sampai ke tempat wisata ini anda memulai nya dengan datang ke dermaga perahu yang tidak jauh dari pusat kota. Selanjutnya anda dapat menyewa perahu penduduk setempat dengan tarif sewa antara Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 800.000  per perahu yang bermuatan sekitar 25 orang. Untuk anda yang datang hanya ber 2 atau ber 3,  tidak perlu khawatir dan anda tidak perlu menyewa perahu secara penuh. Anda dapat berangkat bersama turis lainnya yang senasib dengan anda di dermaga perahu, tentunya cara ini dapat menekan tarif agar lebih murah. Total waktu yang akan anda tempuh berkisar 8 jam perjalanan laut tergantung kecepatan perahu. Di saat anda sedang melakukan perjalanan anda dapat melihat lumba – lumba jika beruntung pada waktunya.

2.      Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring sungai Martapura adalah salah satu destinasi wisata buatan yang ada di kota ini. Berlokasi di Jl. K.Tendean dan seputaran Jl. Jendral Soedirman. Masyarakat kota Banjarmasin menjadikan taman ini tempat favorit untuk menikmati senja hari. Di Taman Siring ini juga tersedia kolam pemancingan untuk anda yang hobi memancing. Untuk menikmati keindahan kota Banjarmasin anda dapat duduk di spot yang telahdi sediakan di tempat ini,anda juga bisa sambil menikmati wisata kuliner di warung dan restoran seputaran area ini. Anda dapat menonton latihan skateboard dan juga BMX di hari minggu, dimana biasa nya banyak anak moda yang berlatih ditaman Siring ini. Tidak jarang juga sering di selenggarakannya tournament skateboard dan BMX di kota ini setiap tahunnya.

 

  1. Rafting Bambu di Sungai Amandit

Sungai Amandit adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di kawasan terpadu Laksodo, yang berlokai kabupaten Hulu sungai Selatan, cukup jauh dari pusat kota Banjarmasin. Untuk anda yang ingin berliburke Kalimantan Selatan dan mencari paket wisata yang nuki serta memacu adrenalin tidak ada salah nya jika anda mencoba rafting bamboo di Sungai Amandit ini. Untuk anda yang berencanna berkunjung ke destinasi wisata ini anda akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 6 jam dari pusat kota Banjarmasin. Anda dapat menyewa kendaraan pribadi atau menaiki kendaraan umum untuk sampai ke obyek wisata ini. Mungkin bagi anda akan merasa jauh sekali perjalanan ini, tetapi semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah sungai Amandit.

Permainan rafting yang ada di sini sangat lah berbeda dengan rafting yang ada di sungai sungai di pulau jawa, karena perahu nya yang terbuat dari bamboo asli hutan kalimantan. Perjalanan rafting anda akandi akhiri di desa Tahuni, kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dalam perjalanan permainan rafting bamboo ini, akan banyak rintangan mulai dari arus besar hingga banyak nya bebatuan besar yang ada. Tapi anda tak perlu khawatir, perahu rakit ini terjamin kok keamanannya.

Untuk mencoba permainan rafting bamboo ini, anda akan di kenakan tarif berkisar 250 ribu rupiah per orang.

  1. Pantai Joras

Letak pantai Joras ini berada di kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kegiatan yang dapat anda nikmati saat berada di pantai ini yaitu bersantai sambil menikmati hamparan pasir pantai yang cukup luas atau anda dapat melihat keindahan pantai Joras dari ketinggian menara mercusuar. Anda juga harus berhati – hati karena menara mercusuar tidak dilengkapi pelindung atau pengaman tubuh yang memadai, bagi anda yang bernyali ciut jangan pernah mencoba untuk menaiki mercusuar ini karena keamanan nya yag di ragukan . Untuk memasuki objek wisata ini anda akan dikenakan tarif 8 ribu rupiah per orang, itu belum termasuk biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil, dan 3 ribu rupiah untuk motor. cukup murah bukan.

5.      Pulau Siram Riam

Pulau Siram Riam adalah bukti dari keindahan panorama sebuah danau yang dijadikan sebagai Tempat Pembangkit Tenaga Air oleh pemda Kalsel untuk mencukupi kebutuhan listrik se kecamatan Aranio. Keadaaan tempat wisata yang berlokasi di kota Banjarmasin  menarik untuk di jadikan tujuan destinasi wisata yang cocok untuk anda. Anda tidak perlu khawatir karena obyek wisata satu ini cukup dekat dengan kota Banjarmasin, anda bisa menempuh jalan menuju Banjarbaru sekitar 45 menit. Kemudian ikuti saja papan petunjuk arah menuju ke Riam Kanan. Lalu anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Karang Intan Aranio Sampai jalanan di daerah ini habis, jika anda sudah sampai di pulau ini. Pemandangan yang indah tersaji di pulau Siram Riam ini, ada banyak perahu anda rental untuk mengelilingi danau yang ada di sini sambil menikmati alamnya. Berbagai destinasi wisata di pulau Siram Riam ini dapat anda kunjungi seperti pulau Pinus, pulau Batu, hingga pulau Sirang. Dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari dermaga perahu. Harga sewa perahu pun cukup bersabat dengan kantong para pelancong seperti anda berkisar antara 300.000 sampai Rp. 400.000 rupiah per perahu. Besar kecilnya perahu tergantung dari cara anda menawarnya, tetapi jangan terlalu sadis dalam menawar. Itulah 5 destinasi wisata di provinsi Kalimantan Selatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ada rencana berkunjung ke Kalimantan selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *