Indahnya 6 Destinasi Wisata Tersembunyi Papua Barat

Image result for wisata papua barat

Papua adalah Keindahan tempat di mana kearifan lokal bisa di nikmati bagi para pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Pantai dan pemandangan gunung yang indah di berbagai pelosok pulau sudah bukan rahasia lagi. Sangkin banyaknya pelancong asing yang mulai berdatangan ke berbagai tujuan wisata di Papua membuat masyarakat setempat mulai ikut membangun sebagian infrastruktur untuk membuat turis baru merasa nyaman mengunjungi tujuan wisata di Papua sendiri.

 

Sebagai sebuah propinsi yang terletak di sebelah barat pulau Papua, Papua Barat memiliki banyak tempat wisata alam dan budaya yang menarik. Pantai, danau, pegunungan dan cagar alam adalah pemandangan yang bisa anda kunjugi selama perjalanan anda di Papua Barat. Papua Barat juga tempat yang memiliki banyak pantai yang juga menjadi salah satu pantai paling indah dan surga yang tersebunyi dari mata dunia, yang sayang bila tidak dikunjungi.

 

1.Manokwari

 

Manokwari ?, ya manokwari adalah kota terindah di Indonesia, di sini terdapat sebuah tugu Jepang yang merupakan peringatan mendaratnya tentara Jepang untuk pertama kalinya di Manokwari. Ada juga tradisi yang sangat unik dari penduduk atau suku sekitar, yaitu pemanggilan ikan dengan menggunakan peluit dari karang. Tradisi yang sangat kental bagi suku di Pantai Bakaro yang terletak di sekitar pantai.

Salah hal yang menjadi daya tarik Manokwari dan juga Papua adalah papeda nya yang amat masyhur di penjuru negeri, atau sering juga disebut sebagai bubur sagu yang kenikmatannya tiada dua. Papeda yang terbuat dari tepung sagu biasanya disantap sebagai pengganti nasi dan disajikan dengan ikan dan kuah kuning yang dibuat dari bahan kaldu ikan tongkol dan bumbu tradisional rahasia milik suku pedalaman. Untuk camilan anda dapat mencoba sagu lempeng yang biasa di temui di warung – warung kota dan disajikan dengan minuman kopi dan teh sebagai pelengkap, agar mendapat kenikmatan yang benar.

Terdapat banyak wisata alam dan berbagai jenis wisata air yang bisa anda lihat di sekitar daerah Manokwari. Salah satunya adalah pegunungan Arfak yang merupakan cagar alam dilindungi, tidak salah jika orang setempat ingin menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek wisata paling indah di penjuru dunia.

Baca juga:  8 Ternate Wisata Keindahan Daerah Utara Maluku

  1. Pegunungan Arfak

Daerah ini merupakan titik tertinggi di Papua Barat, dengan tinggi mencapai 2.940 mdpl.Dari titik puncak pegunungan ini anda akan melihat keindahaan yang sebenarnya dari kota Manokwari, dan pada waktu musim dingin puncak pegunungan bisa tertutup salju. Anda juga dapat menyewa seorang pemandu wisata untuk menemani anda mendaki ke pegunungan ini, anda di anjurkan untuk tetap mengikuti adat dan aturan suku yang tinggal di penggunungan ini.

Di pegunungan ini ada dua buah danau kembar yang jernih. Menurut cerita setempat kedua danau ini terbentuk dari kisah cinta dua insan yang di mabuk asmara yang mengabdikan diri mereka menjadi dua danau. Di masing-masing danau ini konon menurut masyarakat setempat terdapat “naga” berjenis kelamin jantan dan betina. Oleh karena itu, berdasarkan cerita mengenai adanya dua ekor naga tersebut para penduduk  setempat menamai danau jantan dengan nama Anggi Ginji dan yang betina sebagai Anggi Gita.

 

  1. Fakfak

Merupakan kota yang bisa di sebut metropolitan terletak di selatan kota Manokwari, dan untuk mencapainya anda dapat menggunakan pesawat perintis yang terbang langsung menuju bandar udara Fakfak. Kota Fakfak memiliki masjid kuno yang sudah di bangun sejak tahun 1700 an, dan juga situs purbakala tebing yang terletak di daerah Kokas.

Untuk anda penyuka makanan daerah, tidak ada salahnya mencoba makanan khas di daerah ini. Salah satu makanan daerah khas Fakfak adalah manisan pala yang baik untuk tubuh. Selain itu ada juga martabak sagu yang terbuat dari sagu yang dihaluskan lalu goreng serta beri gula merah.

BACA JUGA: 5 Negara ‘Mahal’ dan 5 Negara ‘Murah’ yang Layak Dijadikan Destinasi Wisata di Dunia

 

4.Cagar Alam Wondiwoy

Jika anda datang ke papua barat hanya untuk berjalan-jalan atau mencari ketenangan sambil menikmati pemandangan, bukan hanya bersantai di pantai saja ditempat ini anda bisa menikmati indahnya cagar alam pegunungan Wondiwoy. Tempat yang tepat untuk anda yang suka dengan kegiatan berjalan-jalan di alam dan menikmati udara segar. Tidak terlalu jauh dari kota, terletak 5km dari kota Manokwari, cagar alam pegungungan Wondiwoy memiliki jumlah 147 spesies flora dan fauna.

Dari cagar alam ini anda bisa menikmati pemandangan teluk Cendrawasih dan teluk Wandamen yang menakjubkan. Meskipun untuk mencapainya tergolong sulit karena anda harus menaiki pesawat terbang jenis Cessna untuk sampai ke tengah cagar alam ini, tetapi pemandangan dan keberagaman flora dan fauna yang terdapat di dalamnya sebanding dengan perjalanan yang anda akan tempuh.

  1. Raja Ampat

Raja Ampat, siapa yang tidak mengenalnyal. awalnya tempat ini merupakan satu kesatuan dengan kabupaten Sorong, sampai akhirnya menjadi kabupaten Raja Ampat pada tahun 2004. Kepulauan dengan pemandangan bawah air yang indah ini sudah dikenal banyak turis lokal maupun luar negeri, dan termasuk menjadi salah satu situs warisan dunia dengan pemandangan paling indah di dunia. Untuk mencapai dan berjalan-jalan di sekitar pulau ini, anda bisa menaiki kapal atau menginap di salah satu resort di kepulauan Raja Ampat. Tempat yang luar biasa indahnya ini tentunya sangat populer menjadi tempat wisata bagi anak muda dan kalangan melenial dan juga pasangan yang sedang ingin mencari tempat wisata untuk bulan madu.

Banyak sekali pecinta diving yang menjadikan pulau ini destinasi pilihan karena memiliki banyak jenis terumbu karang dan hewan laut, tetapi banyak juga yang anda bisa lihat di Raja Ampat selain keindahan bawah lautnya. Salah satunya adalah pantai yang berpasir putih, pulau – pulau indah, dan juga flora fauna asli papua seperti cendrawasih dan anggrek yang ada di tempat ini.

Salah satu tempat  menarik dari pulau Raja Ampat yang anda bisa kunjungi adalah peninggalan prasejarahnya. Terletak di kawasan gugusan pulau misol terdapat cap-cap tangan pada dinding batu karang. Cap tangan manusia purba yang diyakini telah berusia lebih dari 50.000 tahun ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua. Selain itu, terdapat juga bekas peninggalan pesawat udara yang karam peninggalan Perang Dunia II di pulau Wai, banyak sekali kapal – kapal pesiar yang berlabuh di Raja Ampat anda bisa memasuki nya hanya untuk sekedar berfoto di kapal pesiar tersebut.

  1. Pantai Patawana

Pantai Patawana memiliki pasir putih ini tidak kalah indahnya dari pantai pink yang ada di pulau komodo terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota. Berjarak 30 km dari pusat kota Manokwari, dan dapat ditempuh selama satu jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Ekosistem pantai yang masih sangat terjaga, ditambah dengan satwa di sekitar pantai yang bisa berkeliaran dengan bebas membuat liburan anda mengasyikan, hamparan pasir putih kemerahan, air biru jernih dan deretan pohon kelapa yang indah merupakan pesona utama dari pantai Patawana. Nikmat mana lagi yang anda bisa dustakan di Pantai Papua Barat yang terkenal keindahannya ini, anda bisa bersnorkeling ria, diving, dan juga surfing. Untuk bisa menikmati surfing dan ombak besar, anda bisa datang ke pantai ini dari bulan Agustus sampai September.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *