6 Obyek Wisata Terindah Di Irian Jaya

 

 

Irian Jaya adalah sebuah pulau terluas di bagian paling timur Indonesia yang memiliki potensi wisata alam yang memukau dan wajib untuk anda kunjungi. Pulau ini memiliki banyak sekali surga alam yang mempesona dan  patut untuk dikunjungi seperti wisata pantai, wisata alam, wisata budaya, bahkan wisata pulau nan cantik pun ada disini. Di balik kemiskinan rakyat Papua ternyata pulau ini sangat terkenal di mancanegara. Malah sudah banyak sekali wisatawan asing yang datang hanya untuk menikmati keindahan pulau Papua nan eksotis ini. Disinilah tempat berlibur  yang cocok untuk anda dapat menyendiri atau berlibur bersama  keluarga maupun honeymoon bersama pasangan, dijamin Anda tidak akan kecewa dengan keindahan yang ada. Tahukah anda bahwa banyak sekali yang menjuluki Pulau Papua ini sebagai surga hidup yang ada di belahan bumi timur Indonesia. berikut destinasi wisata di pulau Papua yang menanti untuk Anda jelajahi.

 

  1. Puncak Jayawijaya

 

Gunung Carstensz Pyramid yang terletak di Papua adalah gunung tertinggi di Indonesia yang puncaknya di selimuti salju. Berada di puncak jayawijaya merupakan salah satu mimpi para pendaki di dunia karena terdapatnya salju di puncaknya, karena hampir tak semua gunung di Indonesia memiliki salju di puncaknya.

 

Menurut penelitian dan studi dari berbagai Universitas, salju di puncak ini diperkirakan akan meleleh dan menghilang pada tahun 2024 nanti akibat pemanasan global yang sudah tidak tertolong lagi. Setiap tahunnya ada 200-300 pendaki luar negeri yang mengeksplor gunung ini dan hanya puluhan orang dari mereka berasal dari Indonesia. Ini bukan lah suatu hal yang aneh karena mayoritas para pendaki asli Indonesia terkendala perizinan untuk menaiki gunung ini. SUNGGUH MIRIS BANGSA INI!.

Puncak Gunung Carstensz Pyramid ini memiliki ketinggian di atas 5000 mdpl yang dapat anda akses melalui gerbang masuk PT. Freeport Indonesia.

 

  1. Desa Sawinggrai

 

Desa Sawinggrai ini terletak di kabupaten Raja Ampat, adalah salah satu tempat dimana anda bisa melihat dari dekat burung Cendrawasih yang langka dan endemik pulau Papua yang masih terjaga hingga saat ini. Di desa ini terdapat 4 spesies burung Cendrawasih nan cantik yang dipelihara disini yakni Cendrawasih Merah, Cendrawasih Belah Rotan, Cendrawasih Kecil, dan Cendrawasih Besar.

 

Tidak hanya itu ada lagi kegiatan seru yang bisa anda lakukan di Desa Sawinggrai seperti snokerling dan memberi makan ikan liar di dekat dermaga yang masih biru air lautnya. Ikan-ikan tersebut akan langsung menyambar makanan yang kita berikan. Sungguh pengalaman yang mengasyikkan memang, karena ikan di sini sudah akrap atau sudah terbiasa dengan pengunjung yang selalu melemparkan makanan kepada mereka.

 

  1. Tapurarang

 

Obyek wisata Arkeolog Tapurarang ini dikenal sebagai situs purbakala oleh masyarakat setempat biasa disebut dengan nama Tapurarang. Di wisata ini ada banyak sekali cap tangan berwarna merah yang akan anda temukan, dan terlukis pada dinding-dinding batu di tebing dan gua yang terletak di pinggir laut.

 

Keunikan lukisan tangan manusia dan binatang di dinding tebing Tapurarang tersebut masih saja terlihat jelas, mesikpun kawasan ini telah berusia berabad-abad lamanya. Warna merah yang digunakan terbuat dari bahan-bahan alami pada masa itu dan sangat menyerupai warna darah manusia. Dan oleh sebab itu penduduk setempat sering menyebut lukisan tersebut sebagai lukisan cap tangan darah.

 

Perlu diketahui untuk anda, bahwa lokasi lukisan ini merupakan tempat yang disakralkan oleh penduduk setempat. Mereka mempercayai bahwa lukisan ini adalah wujud orang-orang yang dikutuk oleh arwah seorang nenek yang berubah menjadi setan kaborbor atau hantu penguasa lautan yang paling menakutkan, jadi di harapkan anda tidak sembarangan MERUSAK tempat wisata Indah ini.

 

  1. Pulau Um

 

Pulau Um menawarkan Susana yang tenang dan nyaman, dengan ciri khas pantai yang masih alami seakan sedang bersembunyi dari sentuhan manusia – manusia yang jahat. Anda hanya butuh waktu sekitar 20 menit-an untuk mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki. Dikawasan Pantai Um banyak ditumbuhi pohon – pohon kelapa yang dijadikan rumah ribuan habitat kelelawar.

 

Selain itu kalian juga bisa snokerling di pantainya yang menyimpan paronama karang, ikan karang, penyu, lola, teripang, lobster yang bisa memanjakan mata dan jangan merusaknya. Indahnya pesona bawah laut yang ada di Pulau Um juga di pengaruhi oleh aturan warga kampung Malaumkarta. Karena warga tersebut menerapkan peraturan larangan menangkap jenis fauna laut tertentu.

 

Pulau Um sering digunakan para nelayan sebagai tempat istirahat saat mencari ikan, oleh sebab itu sangatlah beruntung bila bertemu nelayan yang sedang beristirahat. Anda bisa langsung mencicipi kenikmatan ikan segar bakar yang benar-benar nikmat, tenang saja penduduk lokal sangat ramah dengan wisatawan yang datang, anda tidak akan menemui suasana senyaman ini di perkotaan metropolitan.

 

  1. Gunung Meja

 

Gunung Meja adalah kawasan hutan lindung yang berada di Kota Manokwari. Kawasan ini memiliki fungsi utama sebagai pariwisata, rekreasi alam, kawasan lindung untuk kehidupan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan juga keunikan alam. Pesona wisata yang dapat anda nikmati merupakan pucuk-pucuk pohon yang memiliki kerapatan dan ketinggian yang sama sehingga terlihat layaknya sebuah meja.

 

TWA Gunung Meja sangat cocok menjadi pusat konservasi dan pusat penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan seperti  rumpun ilmu alam. Manfaat ekologis dari gunung Meja adalah lokasi infiltrasi air hujan untuk persediaan air bersih bagi masyarakat setempat dan juga sebagai penghasil udara bersih yang sejuk. Jika Anda berlibur ke Papua anda bisa berkunjung ke gunung Meja ini, hiking merupakan cara terbaik untuk membongkar rahasia kecantikan permata alam negeri Irian Jaya ini.

 

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

 

Anda ingin berlibur ke tanah Papua dengan menikmati alam yang tentunya sangat berbeda dari kebanyakan tempat ?,Taman Nasional Teluk Cendrawasih inilah jawabannya dari seluruh keraguan anda tentang indahnya alam Papua. Salah satunya anda dapat lakukan adalah melihat hiu paus (Whale Shark) yang merupakan hiu terbesar di planet bumi ini, dan ini tersaji hanya di pulau Permata seindah Papua. Selain itu kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional perairan teluas dan  juga menjadi kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia bagian timur.

 

Asal anda tahu ternyata disini anda juga dapat berenang bersama hiu paus yang berada di desa Kwantisore, sebuah pengalaman yang tidak akan anda lupakan. Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di tepi Samudera Pasifik yang merupakan lempengan benua, sehingga memiliki kekayaan flora dan fauna. Adapun waktu terbaik untuk berlibur dan menikmati taman nasional ini ialah saat bulan Mei sampai Oktober.

 

Saya bisa menjamin bagi anda yang datang ke taman nasional ini tidak akan bosan, karena banyak kegiatan liburan yang dapat dilakukan dan pastilah sangat seru dari wisata pendakian, menyelam, snokerling, pengamatan satwa, wisata budaya, belajar keragaman antar suku di Papua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *