6 Tempat Wisata Kota Merauke

Image result for wisata merauke

Kota yang namanya dijadikan dalam salah satu lagu wajib nasional Indonesia ini sudah tidak asing lagi diteliga masyarakat Indonesia. Kota ini merupakan kota ujung Timur Indonesia. Selain menyimpan kenangan sejarah. Kota ini juga menyimpan beragam tempat wisata yang unik dan menarik untuk anda kunjungi. Bukan hanya karena tempat wisatanya yang membuat kota ini unik, tetapi juga karena berbatasan langsung dengan negara tetangga. Papua New Guinea. Ketika anda ke kota yang juga dijuluki sebagai kota rusa ini, ada banyak hal yang akan membuat anda kagum. Terutama, tempat wisatanya. sebelum anda berencana untuk mengujungi kota ini. Artikel ini akan merekomenasikan beberapa tempat wisata pilihan di Merauke yang dapat sobat pertimbangkan dalam daftar kunjungan ada. Berikut 10 Tempat yang Layak anda Kujungi di kota merauke.

 

  1. Wisata Pulau Habe

 

Pulau yang letaknya berada di Kampung Wambi distrik Okaba ini sangat wajib untuk anda kunjungi. Pulau ini memiliki garis pantai pasir putih yang cukup luas dengan sedikit selingan batu karang. Air lautnya jernih kebiruan yang diiringi pukulan ombak akan membuat anda rindu akan keindahaan alam Indonesia yang sebenarnya. Bukan hanya itu, ketika anda pergi ke pulau hebe anda akan serasa berada di kota Sao Paolo Brazil. Di sana terdapat patung Kristus Raja yang tentunya sangat mirip patung Kristus di Brazil. Di sana anda dapat berfoto di spot terbaik, berenang, menyelam dan semua aktivitas wisata pantai yang anda idamkan bukan melulu tentang pantai di pulau Bali.

Fenomena unik di pulau ini adalah adanya perubahan struktur pasir pada setiap tahun. Perubahan tersebut mengikut musim angin. Saat angin tenggara menghembus ke arah pulau, pasirnya perlahan berpindah ke arah barat dan turut membentuk permukaan pantai pasir baru. Begitu pun sebaliknya. Selain itu, pepohonan dan tumbuhan di pulau ini hampir semuanya khas dataran tinggi.

Rute menju Pulau Habe cukup jauh. anda membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam perjalan dari pusat kota Merauke. Setelah tiba di kampung Wamba, anda bisa beristirahat di pemukiman warga yang sangat ramah dengan kalangan wisatawan, setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan dengan Perjalanan laut mengunakan speedboat untuk sampai pulau ini.

 

2. Wisata ke Danau Rawa Biru

 

Danau Rawa Biru ini letaknya berada di perkampungan Rawa Biru yang juga termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Wasur, danau Rawa biru menjadi sumber air bersih bagi masyarakat Merauke sejak jaman penjajahan Belanda. Jadi, sumber air Rawa Biru ini masih terawat dan terjaga hingga kini. Jadi wajar kalau anda datang berkunjung ke kampung rawa biru,anda akan menemukan bangunan peninggalan Belanda beserta 7 pompa air yang dibagian depannya bersama tanki penampungan buatan bangsa Belanda.Untuk menuju ke tempat ini, anda dapat memakai kendaraan darat berupa motor atau mobil. Sobat hanya membutuhakan waktu 1-2 jam perjalanan. Tapi ingat! Kala lagi musim hujan, biasanya jalan becek dan kadang-kadang air menggenangi jalan. Jadi, usahakan anda mengunakan sepeda motor.

BACA JUGA: 7 Alasan mengapa Anda harus traveling di akhir pekan 

3.Pantai Lampu Satu

 

Pantai Lampu satu ini terletak di Kampung Buti. Penamaan itu karena di pantai ini terdapat sebuah mercusuar dengan  lampu besar sebagai alat penerangnya. Para wisatawan memilih tempat ini bukan hanya kerena keindahannya lautnya, tetapi juga untuk menikmati indahnya sunset di senja hari. Jadi, kalau anda di pantai ini sebaiknya jangan keburu pulang. Satu hal yang membuat pantai ini unik karena air lautnya bisa surut hingga 2 Km dan membentuk hamparan pasir putih yang dapat anda jelajahi sepuasnya.

 

  4. Wisata kuliner + Tugu

Merauke dijuluki kota rusa karena memang banyak rusanya. Anda dapat menikmati seporsi sate rusa yang telah menjadi makanan khas kota ini. Setelah atau sebelum menikmati sate rusa, anda dapat mengujungi beberapa tugu di kota ini.
Tugu Km 0 atau yang dikenal luas dengan tugu titik 0 ini merupakan salah satu batas Timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Papua New Guinea. Tapi, bukan berarti tugu ini merupakan tanda perbatasan antara kedua negara. Perbatasannya sendiri, terletak sekitar 500 m dari tugu titik nol. Tugu titik 0 letaknya berada di wilayah Sota dan dapat anda tempuh dengan perjalanan sekitar 1-2 jam dari pusat kota Merauke. Tugu yang bermahkotakan patung burung garuda ini, bernama Tugu Kembaran Sabang-Merauke. Anda juga dapat mengujungi tugu Lingkaran Brawijaya yang terletak di Jalan Parakomando, Kec. Merauke atau anda dapat mengunjungi tugu LB Moerdani yang didirikan pemerintah untuk mengenang jasa Mayor LB. Moerdani. Tugu ini berdiri tepat distrik Tanah Miring. Sejarahnya pada 4 Juni 1962 Pemerintah Indonesia menerjukan pasukan RPKAD –TNI yang dipimpinan Mayor LB.Moerdani untuk invasi Irian Barat dari Belanda melalui Operasi Naga dan untuk mengenal peristiwa itu maka tugu ini didirikan. Tugu ini hanya berjarak 15 Km dari pusat kota. Selain itu anda juga dapat berkujung ke tugu Pepera Merauke yang juga merupakan penegasan hasil Pepera atas Papua pada tahun 1969 yang menjadi sengketa dengan pihak Belanda.

BACA JUGA: 7 Cara mudah untuk menekan biaya perjalanan saat traveling

  1. Tanaman Nasonal

Taman Nasional ini adalah salah satu Taman Nasional terbesar yang ada di Indonesia. Bagaiman tidak, tempat ini menjadi surganya para unggas. Mulai dari burung-burung endemik Papua cendrawasih sampai dengan burung tamu terhormat dari negara lain dapat dengan mudah sobat temukan di taman ini. Selama bulan Agustus -November taman ini sering dipadati ribuan burung imigran. Uniknya sirkulasi ini hanya terjadi sekali dalam    setahun.

Burung-burung in berdatangan dari Benua Australia, Selandia Baru, dan juga Cina. Beberapa diantaranya bangau abu-abu, pelikan, ibis, Royal Spoonbills dan lain-lain. Mereka singgah di tempat ini untuk mencari makan dan istirahat sebelum akhirnya kembali ke tempat asal mereka. Keberadaan unggas – unggas langka ini menujukkan bahwa Taman Nasional Wasur merupakan persinggahan unggas – unggas air ketika belahan bumi utara beriklim dingin. Sejauh ini yang telah diketahui 403 spesies unggas. Dari jumlah itu, 74 spesies diantaranya endemik Papua termasuk cendrawasih dan diperkirakan sekitar 114 spesies lainnya juga merupakan unggas yang dilindungi. Di kawasan taman ini ditemukan juga keanekaragaman ikan dengan 111 spesies dan tercatat memiliki 6 jenis ekosistem. Selain itu, terdapat 3 spesies kanguru kecil, kuskus nokturnal, kasuari,Buaya air tawar Papua, buaya air muara, Rusa, dan masih banyak lagi.

Rute untuk mencapai Taman Nasional ini hanya membutuhkan waktu 1-2 jam dari Kota Merauke, anda bisa memakai jasa pemandu wisata agar memudahkan anda saat berkunjung ketempat ini.

 

6. Wisata Pantai Payum

Pantai Payum adalah salah satu pantai terbaik yang ada di Merauke dan wajib anda kunjungi. Letak pantai ini tidak jauh dari kawasan kampus Musamus. Secara keseluruhan Pantai ini tidak berbeda jauh dengan pantai Lampu Satu. Hal yang membut pantai ini unik adalah pasir pantainya berwarna kecokelatan dengan tekstur  halus yang terhampar luas seperti gumbuk pasirdiyogya.

Rute untuk sampai ke tempat ini sangat mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari pusat kota Merauke, atau sebalik nya anda dapat menaiki kendaraan pribadi, jarak tempuhnya sekitar 10 -20 menit dari kota tergantung kecepatan kendaraan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *