7 Tempat Wisata di Yogyakarta

Image result for pantai nguluran gunung kidul yogyakarta

Berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta tentu sudah tak asing bagi para traveler. Karena keistimewaan yang dimilikinya membuat kota Yogyakarta tak sepi akan pengunjung. Kota indah dengan ribuan cerita prasejarah pun berkumpul di kota yang satu ini. Dibawah ini mari kita lihat 10 tempat wisata yang patut di sambangi saat anda berlibur ke Kota Yogyakarta.

  1. Candi Prambanan

Berlibur ke Yogyakarta pasti tak lepas dari liburan ke bangunan bersejarah yang satu ini, candi prambanan. Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata terkenal di Kota Yogyakarta yang pastinya harus dan wajib dikunjungi anda yang berlibur ke Yogya. Hal ini dikarenaka2. n Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi besar bergaya Hindu di Indonesia. Dan candi prambanan juga dihiasi relief yang diukir menghiasi sekeliling candi yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta yang hendak berkunjung ke Candi Prambanan hanya akan menempuh 17 KM dari pusat kota.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Bandung

  1. Candi Borobudur

Setelah berkunjung ke candi Prambanan situs candi yang memiliki sejarah yang kental, anda juga bisa datang ke Candi yang tak kalah indahnya, bahkan bangunan bersejarah yang satu ini telah terdaftar menjadi 7 Keajaiban di Dunia. Candi Borobudur terletak di Magelang merupakan salah satu primadona bagi para wisatawan lokal maupun turis asing yang berkunjung ke Yogyakarta. Candi yang sudah di kenala di berbagai negara belahan dunia. Candi Borobudur adalah sebuah candi bergaya Buddha yang paling besar di bukan hanya di Yogya tapi juga dunia. Jarak tempuh kurang lebih 40 KM dari pusat kota Yogyakarta, Candi Borobudur masih menjadi tempat ibadah bagi para pemegang agamanya seperti dikunjungi biksu yang datang bertujuan untuk ziarah. Candi Borobudur adalah sebuah tempat yang masih suci jadi masih banyak larangan – larangan jika datang kesini, seperti tak boleh duduk di stupa menginjaknya dan sebagainya. Candi Borobudur mempunyai relief dan patung Buddha terbanyak di dunia inilah yang membuatnya masuk ke daftar 7 keajaiban dunia.

  1. Pantai Parangtritis

Kebanyakan mungkin juga termasuk anda merasa kurang berlibur saat tak bertemu pantai. Jika anda menyambangi kota Yogya nan romantis anda bisa menemukan beragam pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta dari pantai lainnya. Dengan jarak tempuh kurang lebih 25 KM ke arah selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di daerah Bantul Yogyakarta. Bertepatan dengan Samudera Hindia membuat parangtritis memiliki ombak dan arus yang cukup besar dan kuat. Di parangtritis dikenal juga sebagai pantai berbukit pasir, pasir itu dinamakan gumik. Setelah berenang di pantai anda dapat juga menikmati asiknya paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

BACA JUGA: 14 pantai cantik di indonesia ini bukti kalau destinasi wisata itu tak ada habisnya

  1. Keraton Yogyakarta

Tempat satu ini merupakan ciri khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Keraton. Keraton Yogyakarta sebagai salah satu bangunan tempat wisata di Yogyakarta yang banyak di kunjungi oleh para wistawan dari luar Yogya, dikarenakan keraton disini adalah keraton yang terkenal oleh Indonesia. Keraton Yogyakarta adalah bangunan bersejarah dari masa ke masa yang ada di Yogyakarta yang ditinggali oleh keluarga besar Sultan. Disana anda akan menikmati suguhan arsitektur kesultanan kuno atau pada jaman dahulu. Disana juga anda bisa ke museum koleksi barang – barang milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian barangnya adalah sebuah hadiah dari raja Eropa.

  1. Taman Sari Yogyakarta

Istana Air Taman Sari adalah sebuah bangunan bersejarah dari keluarga sultan di Yogyakarta. Taman sari merupakan tempat sultan terdahulu bermeditasi dan berekreasi bersama keluarga – keluarganya. Di Istana Taman Sari anda disediaka  spot – spot foto menarik berlatarkan bangunan tua yang masih kokoh berdiri tegak. Di tengah istana ada kolam yang bisa anda lempari koin sembari berharap  layaknya kolam harapan. Kolam tersebut di bagi menjadi dua yaitu kolam untuk istri sultan dan yang satunya lagi sebagai kolam anak – anaknya. Sejarah tentang ketaton Yogyakarta dahulu terletak di Taman Sari tersebut jadi anda bisa belajar sejarah sembari berfoto. Di sekitar Istana Taman Sari juga di lengkapi berbagai toko rumahan yang menjual kaos, batik dan lukisan yang di buat warga sekitar khas Yogyakarta yang dapat anda bawa sebagai buah tangan.

  1. Alun – Alun Yogyakarta

Setelah anda menyambangi istana Taman Sari sebelum kembali ke tempat penginapan anda bisa main di Alun Alun Yogyakarta sambil menyantap wedang ronde dan nasi kucing khas Yogya. Alun Alun Yogyakarta di bagi menjadi dua yaitu alun alun utara dan selatan. Yang sudah dikenal banyak wisatawan adalah alun alun selatan yang dinamakan alun alun kidul. Alun alun kidul merupakan ikon Yogyakarta selain Tugu JogjaMalioboro, maupun Keraton. Alun-alun Kidul adalah tempat wisatawan maupun warga sekitar sebagai tempat favorit untuk bersantai. Kegiatan berwisata yang paling terkenal disini adalah kegiatan laku masangin. Laku masangin asalah kegiatan berwisata untuk anda yang suka tantangan tapi tidak ekstrim. Laku masangin adalah kegiatan seseorang yang matanya harus di tutup dan berjalan kedepan melewati sebuah jalan yang di apit oleh dua pohon beringin tua yang besar. Menurut mitos yang dipercaya warga sekitar secara turun temurun, bagi siapa saja yang berhasil melewati jalan yang di apit oleh dua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup maka orang tersebut memiliki hati yang bersih dan permohonannya akan terkabul.

  1. Malioboro

Setelah berlibur ke tempat – tempat bersejarah  nan indah anda  bisa langsung meluncur sebelum kembali ke rumah dengan membeli oleh – oleh di Malioboro. Malioboro adalah nama jalan terkenal yang ada di Yogyakarta. Bukan hanya untuk belanja berburu barang – barang murah namun Malioboro juga menawarkan spot foto yang di inginkan banyak orang yaitu tepat di bawah penanda nama Jalan Malioboro yang banyak sekali orang – orang ingin berfoto disana. Nama Jalan Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta dengan arti yaitu karangan bunga. Jalan Malioboro menawarkan anda untuk berwisata sekaligus berbelanja sampai dengan wisata kuliner yang buka hampir 24jam. Jika anda datang kesini siang hari, anda akan melihat penjual makanan gerobok kaki lima yang menawarkan nasi gudeg terkenal khas Yogyanya, nah jika anda datang malam hari anda dipastikan tidak akan bertemu kembali dengan pedagang nasi gudeg siang hari karena mereka harus bergantian tempat oleh pedagang lainnya. Untuk penjual pakaian, tas, sandal, souvenir – souvenir khas Yogyakarta seperti gantungan kunci, miniatur kayu dan lain – lainnya bisa anda temukan 24jam di sepanjang jalan Malioboro, bahkan semakin malam jalan ini akan semakin ramai pedagang serta pengunjung yang meningkat.

Itulah 7 tempat wisata yang tak pernah habis didatangi para wisatawan karena sejarah dan keindahannya yang begitu luar biasa yang menjadi referensi kamu berlibur ke Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *