8  Destinasi Wisata Wonderful Indonesia

Image result for pantai patawana

Beberapa waktu lalu pemerintah telah memperkenalkan destinasi wisata prioritas di Indonesia. Destinasi wisata prioritas merupakan destinasi wisata populer yang akan dikembangkan pada tahun berikut nya, sedangkan branding destinasi wisata Wonderful Indonesia merupakan pembaharuan branding pada destinasi wisata yang sudah berkembang sebelumnya. Pemberian branding wisata tentu disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah Destinasi Wisata wonderful Indonesia . Ada yang memiliki kekayaan alamnya, ada yang kaya akan budaya, ada pula yang kaya akan biota lautnya.

Setiap branding telah dibuat sedemikian rupa agar dapat merepresentasikan daerahnya. Berikut ulasan branding destinasi wisata wonderful Indonesia.

 

  1. Pantai Patawana (Irian Barat)

Pantai Patawana memiliki pasir putih ini tidak kalah indahnya dari pantai pink yang ada di pulau komodo terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota. Berjarak 30 km dari pusat kota Manokwari, dan dapat ditempuh selama satu jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Ekosistem pantai yang masih sangat terjaga, ditambah dengan satwa di sekitar pantai yang bisa berkeliaran dengan bebas membuat liburan anda mengasyikan, hamparan pasir putih kemerahan, air biru jernih dan deretan pohon kelapa yang indah merupakan pesona utama dari pantai Patawana. Nikmat mana lagi yang anda bisa dustakan di Pantai Papua Barat yang terkenal keindahannya ini, anda bisa bersnorkeling ria, diving, dan juga surfing. Untuk bisa menikmati surfing dan ombak besar, anda bisa datang ke pantai ini dari bulan Agustus sampai September.

2. Lembah alam Ngarai Sianok (Sumatera Barat)

 

Lembah alam Ngarai Sianok tidak kalah eksis sebagai destinasi wisata laris manis di Padang. Keindahan background lembah hijau ini seolah – olah memiliki magnet tersendiri untuk membuat anda dan keluarga betah berlama-lama di sana. Anda harus menyiapkan kamera untuk mengabadikan pesona alamnya yang luar biasa Indah.

 

  1. Pulau Morotai (Maluku Utara )

Pulau Morotai adalah salah satu destinasi wisata yang unik untuk anda kunjungi, karena pulau ini memiliki daratan yang rata sampai garis pantai. Pulau kecil ini memiliki sejarah panjang ketika dijadikan markas perang bagi Jepang pada Perang Dunia ke 2. Hingga kemudian direbut tentara sekutu dan menjadikan Pulau Morotai sebagai dermaga perang. Pulau Morotai banyak terdapat peninggalan perang perairan lautnya yang kini menjadi objek wisata bagi para penyelam, anda bisa mencoba diving di lautan sekitar pulau morotai.

Obyek wisata Pulau morotai selain memiliki daya tarik sebagai bekas dermaga militer tentara sekutu di saat perang dunia ke 2, daerah ini juga memiliki alam yang sangat indah dan masih asli bentuknya, salah satunya adalah pantai pasir putih ini. Pulau morotai sangat layak untuk dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi untuk wilayah propinsi maluku utara atau umumnya kawasan wisata di indonesia.

  1. Tanaman Nasonal (Merauke)

Taman Nasional ini adalah salah satu Taman Nasional terbesar yang ada di Indonesia. Bagaiman tidak, tempat ini menjadi surganya para unggas. Mulai dari burung-burung endemik Papua cendrawasih sampai dengan burung tamu terhormat dari negara lain dapat dengan mudah sobat temukan di taman ini. Selama bulan Agustus -November taman ini sering dipadati ribuan burung imigran. Uniknya sirkulasi ini hanya terjadi sekali dalam    setahun.

Burung-burung in berdatangan dari Benua Australia, Selandia Baru, dan juga Cina. Beberapa diantaranya bangau abu-abu, pelikan, ibis, Royal Spoonbills dan lain-lain. Mereka singgah di tempat ini untuk mencari makan dan istirahat sebelum akhirnya kembali ke tempat asal mereka. Keberadaan unggas – unggas langka ini menujukkan bahwa Taman Nasional Wasur merupakan persinggahan unggas – unggas air ketika belahan bumi utara beriklim dingin. Sejauh ini yang telah diketahui 403 spesies unggas. Dari jumlah itu, 74 spesies diantaranya endemik Papua termasuk cendrawasih dan diperkirakan sekitar 114 spesies lainnya juga merupakan unggas yang dilindungi. Di kawasan taman ini ditemukan juga keanekaragaman ikan dengan 111 spesies dan tercatat memiliki 6 jenis ekosistem. Selain itu, terdapat 3 spesies kanguru kecil, kuskus nokturnal, kasuari,Buaya air tawar Papua, buaya air muara, Rusa, dan masih banyak lagi.

Rute untuk mencapai Taman Nasional ini hanya membutuhkan waktu 1-2 jam dari Kota Merauke, anda bisa memakai jasa pemandu wisata agar memudahkan anda saat berkunjung ketempat ini.

 

  1. Taman Laut Tumbak (Pulau Bunaken Manado)

Jika Anda dan pasangan mencari alternatif wisata menyelam, taman Laut Tumbak adalah salah satu tempat yang anda wajibkan untuk mengunjunginya. Di sini Anda bisa menikmati sedikitnya 20 spot menyelam yang mempesona. Jadi bagi anda yang hobi menyelam atau sekedar bersnorkling ria anda bisa menjadikan taman laut ini sebagai alternatif, tempat wisata yang terletak di kabupaten Minahasa Utara ini sangat cocok untuk memuaskan hobi anda. Akan tetapi jarak tempuh tempat ini dari Manado cenderung jauh, yaitu sekitar 3 jam perjalanan jadi anda di wajibkan untuk menghitung biaya, waktu, dan akomodasi untuk mencoba spot satu ini.

  1. Desa Rottenggaro( Pulau Sumba)

Apabila Anda ingin membaur dengan penduduk asli sumba, berkunjunglah ke Desa Rottenggaro yang terkenal akan alaminya desa pada masa lampau. Di desa ini juga  anda dapat mempelajari bahasa, budaya, dan kebiasaan-kebiasaan penduduk setempat yang masih erat memegang budayanya. Anda pun bisa mencoba mencicipi masakan khas Sumba yang eksotis.

Di Desa Rottenggaro, terdapat rumah tradisional khas Sumba yang terbuat dari bambu. Tinggi atapnya mencapai 25 meter. Atap yang tinggi ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada roh para leluhur sesuai dengan kepercayaan penduduk setempat.

7.      Goa Tabuhan(Pacitan, Jawa Timur)

Anda tertarik dengan musik gamelan khas Jawa? kamu wajib berkunjung ke goa Tabuhan. Goa yang satu ini terletak di kecamatan Punung. Tidak terlalu jauh dari goa Gong. Kedalaman didalam goa ini sekitar 100 meter dan memiliki dua ruangan, awalnya goa ini bernama goa Tapan karena dahulu sering dimanfaatkan orang untuk bertapa, anda akan mendapatkan sensasi mistis di dalamnya. Yang menarik di salah satu sudut goa ada kumpulan stalaktit yang bisa menghasilkan bunyi serupa dengan alat musik gamelan. Oleh kelompok gamelan yang dibentuk dari warga setempat bunyi-bunyian yang di hasilkan oleh bebatuan purba ini diubah menjadi orkestra nada yang ajaib. Maka dari itu goa ini di ubah namanya oleh warga setempat menjadi Goa Tabuhan. Keunikan ini hanya ada di dalam goa ini dan anda tidak akan menemukannya di tempat lain.

8. Pantai Menganti ( Jawa Tengah)

Lokasi yang memiliki lembah hijau berpantai dan tebing tinggi seperti yang ada di Selandia Baru tempat dimana menjadi lokasi syuting Film The Hobbit. Anda tidak perlu jauh – jauh ke Selandia Baru untuk mencari suasana seperti itu, di kota Kebumen ada pantai Menganti yang sama indahnya dengan Selandia Baru. Mungkin dari anda tidak banyak yang tahu tentang keberadaan pantai Menganti yang berlokasi di kota Kebumen ini. Bahkan masyarakat kebumen pun masih ada yang belum mengetahui tentang keberadaan pantai yang satu ini. Padahal pantai Menganti memiliki pantai pasir putih nan eksotis yang tersembunyi. Tersimpan keindahan alam dan keindahan lautan di pantai ini. Selain banyaknya pemandangan menarik di tempat ini banyak spot lokasi berfoto yang menakjubkan, karena pantai ini memiliki sisi – sisi yang dipisahkan oleh perbukitan yang menawan. Meskipun pantai ini tidak begitu luas, tetapi pantai ini adalah  satu-satunya pantai di Kabupaten Kebumen yang berpasir putih. Anda juga bisa menikmati beragam kuliner seafood di sekitaran pantai ini. Jika anda ingin mencari pemandangan yang lebih indah, anda  dapat menyewa mobil jeep di desa setempat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *