8 Ternate Wisata Keindahan Daerah Utara Maluku

Image result for wisata maluku utara

Ternate adalah sebuah wolayah terletak tepat di bawah kaki gunung api Gamalama di provinsi Maluku Utara Indonesia. Ternate juga merupakan sebuah daerah yang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Seperti wisata sejarah, wisata alam, wisata bahari dan masih banyak lagi lainnya yang bisa anda kunjungi untuk berlibur melepaskan segala aktifitas perkerjaan di kota anda.

Ternate bagian dari tempat wisata di Indonesia dan banyak tempat wisata di ternate yang bisa anda jadikan tempat wisata yang menarik untuk kegiatan berlibur anda. Karena Ternate sendiri telah menjadi destinasi yang terkenal dengan obyek wisata yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya terutama wisata pantai di ternate.

Tempat wisata di Ternate sudah banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri, dengan mencari tahu terlebih dahulu tempat mana saja di Ternate yang bisa anda jadikan tujuan liburan, dengan begitu bisa memudahkan anda dalam menetukan tempat wisata ternate yang bisa anda kunjungi.

 

  1. Gunung Api Gamalama

Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku Utara Indonesia. Gunungi ini berada di pesisir barat Pulau Halmahera yang ada di bagian utara Kepulauan Maluku. Sekian abad Ternate telah menjadi tempat peradaban penjajahan Portugis dan VOC Belanda untuk perdagangan rempah-rempah, yang telah mencatat aktivitas vulkanik Gamalama.

Gunung Gamalama mempunyai ketinggian 1.715mdpl. Gunung ini ditutupi hutan bernama Montanei yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter dan hutan Ericaceous dengan ketinggian di atas 1200 meter. Gunung api Gamalama kerap meletus. Uniknya di lereng gunung api Gamalama ini masih bertahan sebuah desa tradisional bernama Desa Marikurubu yang anda bisa kunjungi, desa ini tetap memegang adat istiadat mereka secara turun – temurun.

BACA JUGA: 5 Negara ‘Mahal’ dan 5 Negara ‘Murah’ yang Layak Dijadikan Destinasi Wisata di Dunia

  1. Pulau Halmahera

Pulau Halmahera tempat wisata menarik untuk dikunjungi, karena Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di provinsi Maluku Utara, luasnya sekitar 17.000m2. Terlihat sekilas pulau halmahera memiliki bentuk yang serupa dengan pulau sulawesi di utara republik ini.

Kebudayaan yang ada di pulau Halmahera sangat jarang anda temui karena penduduknya merupakan campuran dari bangsa Portugis, Gujarat, Arab, Melayu, dan Belanda. Selain destinasi pariwisata pantai tepi laut dan gunung berapi yang anda kunjungi, pulau Halmahera juga memiliki beberapa desa tradisional yang sangat menarik untuk dikunjungi.

 

 

  1. Air Terjun Cibi Cebi

Air terjun Cibi Cebi tempat wisata di ternate yang merupakan satu-satunya air terjun yang ada di daerah Ternate. Air terjun ini mengalir ke Sungai Waci dan akhirnya bermuara ke pantai di Halmahera Timur. Lokasi air terjun ini adalah di desa Waci, tepatnya di lembah sungai Waci-Peteley. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 14 meter.

Jika anda ingin ke air terjun ini Anda dapat mencapainya dengan menempuh perjalanan air menggunakan perahu sekitar 7km dari kota Waci atau sekitar 30 menit perjalanan. Anda dapat menikmati air terjun ini dari atas perahu ,pemandangan di sekitar air terjun yang dikelilingi oleh dinding daratan dan tanaman hijau ini membuat anda merasa berada di dasar sebuah kolam besar yang dialiri air oleh air terjun cibi cebi yang jernih.

Baca juga: Indahnya 6 Destinasi Wisata Tersembunyi Papua Barat

 

  1. Gua Sagea

Obyek wisata gua Sagea merupakan Tempat wisata Ternate yang menarik untuk anda kunjungi. Lokasinya berjarak 5km dari Kecamatan Weda, kabupaten Halmahera Tengah. Gua Sagea memiliki lebar pintu masuk sebesar 20 meter persegi dan panjang goa mencapai 30 kilometer.

Bagian dalam Gua Sagea ini dipenuhi dengan stalaktit purba dengan warna-warna yang unik. Di dalam gua ini tidak ada cahaya matahari yang masuk dan bahkan suhu udara di dalam Goa Sagea ini bisa mencapai di bawah nol derajat. Meskipun seram, banyak wisatawan yang tergoda untuk mencari misteri di dalam goa ini, tetapi anda di sarankan untuk memakai jasa tour guide agar kemanan anda di dalam bisa terjamin.

 

5.Pulau Morotai

 

Pulau Morotai adalah salah satu destinasi wisata yang unik untuk anda kunjungi, karena pulau ini memiliki daratan yang rata sampai garis pantai. Pulau kecil ini memiliki sejarah panjang ketika dijadikan markas perang bagi Jepang pada Perang Dunia ke 2. Hingga kemudian direbut tentara sekutu dan menjadikan Pulau Morotai sebagai dermaga perang. Pulau Morotai banyak terdapat peninggalan perang perairan lautnya yang kini menjadi objek wisata bagi para penyelam, anda bisa mencoba diving di lautan sekitar pulau morotai.

Obyek wisata Pulau morotai selain memiliki daya tarik sebagai bekas dermaga militer tentara sekutu di saat perang dunia ke 2, daerah ini juga memiliki alam yang sangat indah dan masih asli bentuknya, salah satunya adalah pantai pasir putih ini. Pulau morotai sangat layak untuk dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi untuk wilayah propinsi maluku utara atau umumnya kawasan wisata di indonesia.

 

  1. Benteng Oranye

 

Tempat wisata sejarah yang ada di ternate maluku utara adalah Benteng Oranye. Seperti namanya, Benteng ini dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1607. Ketika itu, Benteng  ini dijadikan m pusat pertahanan penjajah VOC sebelum dipindahkan ke Jakarta pada tahun 1619.

Dulunya Benteng Oranye ini juga digunakan sebagai kediaman gubernur jendral Belanda di Ternate maluku utara. Saat ini benteng Oranye masih tetap di gunakan sebagai pangkalan militer dan polisi di Indonesia bagian timur, tetapi anda masih diizinkan untuk melihat kemegahan benteng yang di bangun pada masa penjajahan Belanda ini.

 

  1. Batu Angus

 

Tempat wisata Ternate di kawasan batu Angus merupakan lokasi aliran lava yang membeku ketika Gunung Api Gamalama meletus pada di era 1737. Lokasinya tidak jauh dari bandara kota ternate. Lava yang sudah membeku ratusan tahun dan berwarna hitam di kiri kanannya.

Tempat ini juga menjadi tempat wisata yang menarik untuk anda berkunjung saat berada di Ternate Maluku Utara. Berjalan-jalan di kawasan batu Angus sambil menikmati pemandangan pulau Hiri pada senja hari akan membuat anda terpesona melihat keindahan yang disuguhkan, bisa sambil membayangkan betapa dahsyatnya Gunung Api Gamalama meletus dan akibat yang ditimbulkan pada masa itu.

 

8.Benteng Kalamata

 

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata Ternate maluku utara. Benteng ini pertama kali di bangun oleh bangsa penjajah Portugis  pada tahun 1540 untuk menghadapi serangan Spanyol dari Rum, Tidore. Benteng ini kemudian dipugar oleh Belanda pada tahun 1609.Sampai tahun 1989, benteng ini terbengkalai dan tak terurus pada era kemerdekaan.

Sampai – sampai pemerintah pada saat itu membiarkan penambangan pasir di sekitar benteng sehingga terjadi abrasi dan mengakibatkan sebagian besar benteng tergenang air laut dan mengalami kerusakan besar.Pada tahun 1994 Pemerintah serius untuk memugar benteng ini melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga menjadi utuh kembali tanpa mengurangi bentuk asli benteng.

Pada tahun 2005 pemda kota Ternate merenovasi benteng ini dengan menambahkan halaman dan rumah untuk penjaga benteng Kalamata. Benteng Kalamata belum dioptimalkan untuk menjadi tempat pariwisata favorit pelancong, sehingga tidak hanya memberikan pemasukan bagi Pemerintah Kota Ternate. Namun anda bisa berkunjung untuk liburan di benteng ini saat berada di ternate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *