Wisata Alam di Pulau Komodo

Image result for PULAU komodo

Pulau Komodo adalah Pulau yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara Provinsi Nusa Tenggara Timur letaknya disebelah timur Pulau Sumbawa. Disebut Pulau Komodo Karena Pulau ini adalah habitat asli bagi hewan komodo. Pulau ini adalah kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh pemerintah pusat lhoo. Pada Tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo sebagai situs warisan dunia. Habitat dari hewan yang terancam hampir punah Karena keberadaan komodo yang hanya bisa ditemui di Pulau ini. Pulau Komodo juga mendapat penghargaan sebagai ‘New Seven Wonders of Nature’  yang di peroleh dari hasil voting serta penelitian para ahli. Makin keren deh kalau anda liburan kesini.

Sudah memiliki planning untuk berwisata di Pulau Komodo, ini dia tempat wisata di Pulau Komodo yang dapat anda kunjungi disekitar Pulau  tersebut.

Berikut wisata yang dapat dilakukan di Pulau Komodo :

  1. Taman Nasional Komodo

Pulau yang memang bernama Pulau Komodo ini adalah sebagai kawasan Taman Nasional Komodo. Jadi jika anda berlibur ke pulau ini, taman nasional komodo adalah tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Di Taman Nasional Komodo terdapat 2.000 lebih ekor komodo yang tersebar luas di Pulau ini. Komodo adalah seekor kadal raksasa pemakan daging yang besarnya mencapai 2-3 meter dengan berat bisa mencapai 100kg lebih. Masyarakat disana umumnya menyebut hewan komodo dengan nama ‘Ora’. Jadi untuk yang mau muter-muter sekitar Taman Nasional Komodo, wajib banget keliling bersama pemandu jika ingin selamat. Hehehe Di Pulau Komodo Taman Nasional Komodo ini, anda bisa Trekking dan Snorkeling.

BACA JUGA: 8  Destinasi Wisata Surga Yang  Ada Di Jawa Barat 

Hal – Hal yang dapat di lakukan di Taman Nasional Komodo ada 2, yaitu :

  • Trekking di Pulau Komodo

Di Pulau Komodo anda akan di tawari untuk melakukan trekking ke Gunung, yang bernama Gunung Ara dengan ketinggian mencapai 538 meter di atas  permukaan laut. Anda juga akan melewati Water Hole tempat minum dan tempat peristirahatan komodo. Di pulau Komodo ada 4 jalur trekking yang anda pilih sendiri. Mulai dari short, medium, long sampai adventure. Ingat trekking selalu dilakukan dengan pemandu yaa. Pemandu akan siap siaga menjaga keamananmu selama trekking di pulau komodo. Jadi untuk memilih jalur trekking pastikan dahulu kondisi badan anda mumpuni untuk melakukannya. Trekking adalah sebuah pengalaman wisata mengasikan, bukan hanya melihat sekitar pulau yang sangat indah, anda juga dapat belajar bagaimana Komodo bertahan hidup dan bagaimana kehidupannya sehari – hari.

  • Snorkeling di Pulau Komodo

Snorkeling adalah hal yang wajib di lakukan selesai trekking. Sudah capek setelah perjalanan yang cukup jauh dan pegal, snorkeling adalah aktifitas terbaik untuk di pilih. Langsung menyelam di air itu rasanya segar, menyegarkan bagi tubuh yang sudah lelah dan berkeringat dan juga menyegarkan mata anda melihat  350 lebih terumbu karang yang ada di bawah laut Pulau Komodo. Alam bawah laut Pulau Komodo disebut sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Tidak di ragukan lagi wisata alam bawah laut Pulau Komodo ini pas sekali buat snorkeling.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Papua

  1. Batu Samsia

Masih seputar snorkeling, batu samsia adalah salah satu titik favorit untuk menyelam yang ada di Pulau Komodo. Anda dapat menyusuri beberapa rangkaian saluran air yang ada di dalam laut jernih yang bersih sembari dapat berinteraksi dengan biota laut yang ada seperti ikan, bintang laut, penyu dan lain – lainnya.

  1. Toko Toko

Toko Toko Bukan toko kelontong untuk membeli oleh-oleh atau semacamnya. Toko-toko adalah sebuah istana di dalam air dari batu yang berukuran kecil yang berada di kedalaman 6 sampai beberapa meter dibawah permukaan laut Pulau Komodo, anda bisa melihat terumbu karang dengan berbagai warna – warni dan ikan – ikan yang berenang di antara karang. Sangat indah saat anda snorkeling dan mengabadikannya dengan befoto bersama ikan ikan kecil maupun sedang yang sedang berenang cantik.

  1. Crystal Rock

Pulau Komodo adalah Pulau yang memiliki ribuan titik penyelaman yang indah. Crystal Rock ini juga merupakan titik menyelam favorit bagi para penyelam yang sedang berlibur ke Pulau Komodo. Dengan menyelam sambil menemukan beberapa jenis ikan yang unik di Pulau Komodo. Namun, untuk menyelam disini ada waktu terbaik yaitu pada bulan Maret-Desember. Hal ini dikarenakan kuat arus, suhu air, dll, yang mempengaruhi jarak pandang saat menyelam.

  1. Pink Komodo

Pink Beach atau Pantai Pink Pulau Komodo adalah salah satu pantai terunik. Disebut Pink Beach Karena pasir dipantai ini berwarna merah muda (pink), warna di pasir akan semakin terlihat jelas saat tersapu oleh ombak. Menurut ahli, warna merah muda ini didapat dari serpihan koral yang hancur dan bersatu dengan pasir pantai. Pink Beach juga adalah tempat terbaik untuk Snorkeling dan menyelam. Pink Komodo di sebut sebagai pantai Pink di Pulau Komodo karena agar pengunjung tak tertukar dengan Pink Beach yang ada di Lombok.

Nah Labuan Bajo adalah tempat titik perkumpulan para pendatang yang ingin mengunjungi Pulau Komodo, jadi pasti anda akan menginap di Labuan Bajo jika hendak ke Pulau Komodo. Dari Labuan Bajo juga anda bisa datang ke beberapa tempat dibawah ini.

  1. Gili Laba

Gili Laba adalahsatu pulau kecil  yang terletak di Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Jika anda di Labuan Bajo dan sudah menjelajah 5 aktifitas yang dapat dilakukan  di Pulau Komodo, jangan sampai melewatkan wisata ke Gili Laba. Gili Laba adalah sebuah Gili dengan hamparan laut yang indah menyihir mata anda saat melihatnya dari sebuah bukit. Dari atas bukit terlihat jelas hamparan laut dengan warna biru jernih di sisipi pasir pantai putih yang  cantik yang membentang sepanjang Gili Laba. Di Gili Laba juga anda bisa melihat seluruh pemandangan yang ada di Pulau Komodo. Saat musim hujan pohon – pohon di sekitar bukit akan berwarna hijau indah dan berbeda saat musim panas warna pepohonan akan berwarna kuning. Untuk menuju puncak Gili Laba anda akan mendaki berbagai tanjakan.

  1. Pulau Padar

Yang terakhir adalah Pulau terkenal di Pulau Komodo akan keindahannya, yaitu Pulau Padar. Beda halnya dengan pulau komodo dan pulau lainnya disana. Pulau padar tak memiliki spesies komodo apapun jadi lebih aman. Namun meskipun begitu untuk kesini tetap dibutuhkan guide karena memang benar – benar sebagai tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah tanpa pepohon sama sekali jadi harus didampingi orang berpengalaman yang pernah kesini.  Dari puncak pulau padar para wisatawan dapat melihat keindahan laut yang berada di sekitar pulau padar dan pulau-pulau kecil lainnya yang membentuk satu kesatuan.

Itulah 7 aktifitas dan tempat wisata yang bisa anda nikmati di Pulau Komodo. Dengan spot – spot foto alam yang menakjubkan menambahkan keindahan pada setiap kenangan anda yang telah berkunjung ke Pulau Komodo.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *